Kamis, 06 Mei 2010

kekar dan sesar

Kekar (joint) rekahan yang berbentuk teratur pada masa batuan yang tidak menampakkan (dilihat dengan mata telanjang) telah terjadi pergeseran pada kedua sisi-sisinya. secara umum dibedakan menjadi menjadi 4 (empat) (Mc.Clay 1987) yaitu kekar tarik (rekahan yang membuka akibat gaya ekstensi yang berarah tegak lurus terhadap arah rekahan), kekar gerus (biasanya berpasangan merupakan satu set dan lurus, terdapat pergeseran yang diakibatkan oleh gayakompresi), kekar hibrid (berkenampakan sebagai kekar gerus yang membuka, kombinasi antara kekar gerus dan kekar tarik), dan kekar tarik tak beraturan (arah kekar tak beraturan, sering merupakan akibat hydraulic fracturing). Kehadiran kekar pada batuan dapat meningkatkan porositas batuan, sehingga mampu menyimpan air (sebagai aquifer) ataupun hidrokarbon (sebagai reservoir), sebaliknya juga memperlemah kekuatan batuan. Kehadiran kekar didekat permukaan juga dapat mempercepat proses pelapukan batuan.

Sesar / Patahan (fault) rekahan pada masa batuan yang telah memperliahatkan gejala pergeseran pada kedua belah sisi bidang rekahan (Simpson, 1986), berdasarkan kinematikanya secara garis besar dibedakan menjadi sesar turun, sesar naik, dan sesar geser. Sesar yang dimaksud adalah pergeseran yang disebabkan oleh gaya tektonik. Jenis Sesar berdasarkan aktifitasnya dapat diebadakan menjadi Sesar mati dan Sesar aktif. Sesar mati adalah sesar yang sudah tidak (akan) bergerak lagi, sedangkan Sesar aktif adalah sesar yang pernah bergeser selama 11.000 tahun terakhir dan berpotensi akan bergerak di waktu yang akan datang (Yeats, Sieh & Allen, 1997). Sesar aktif dikenal pula sebagai bagian dari peristiwa gempa bumi.
Macam Macam Sesar

patahan atau sesar (atau istilah geology-nya "fault") adalah satu bentuk rekahan pada lapisan batuan bumi yg me-mungkin-kan satu blok batuan bergerak relatif terhadap blok yg lain-nya…pergerakan-nya bisa relatif turun, relatif naik, ataupun bergerak relatif mendatar terhadap blok yg lain-nya…pergerakan yg tiba2 dr suatu patahan atau sesar bisa mengakibatkan gempa bum.
Sesar normal dikenali juga sebagai sesar gravitasi, merujuk kepada gravitasi sebagai daya utama yang menggerakannya. Ia juga dikenali sebagai sesar ekstensi sebab ia memanjangkan perlapisan, atau menipis kerak bumi. Sesar normal yang mempunyai satah yang menjadi datar di bagian dalam bumi dikenali sebagai sesar listrik. Sesar listrik ini juga dikaitkan dengan sesar tumbuh (growth fault), di mana pengendapan dan pergerakan sesar berlaku serentak. Satah sesar normal menjadi datar ke dalam bumi, sama seperti yang berlaku ke atas sesar sungkup. Pada permukaan bumi, sesar normal juga jarang sekali berlaku secara bersendirian, tetapi bercabang. Cabang sesar yang turun searah dengan sesar utama dikenali sebagai sesar sintetik, sementara sesar yang berlawanan arah dikenali sebagai sesar antitetik. Kedua-dua cabang sesar ini bertemu dengan sesar utama di bahagian dalam bumi. Sesar normal juga boleh dikaitkan dengan perlipatan. Misalnya, sesar di bahagian dalam bumi akan bertukar menjadi lipatan monoklin di permukaan. Sesar normal boleh mengalih batuan besmen, tetapi menghilang ke atas pada penutup batuan sedimen menghasilkan lipatan monoklin.

patahan/sesar turun (atau di-sebut jg patahan/sesar normal) adalah satu bentuk rekahan pada lapisan bumi yg me-mungkin-kan satu blok batuan bergerak relatif turun terhadap blok lainnya…
gambar di-atas bisa ngejelasin dgn baik…blok yg ada di bagian bawah patahan/sesar disebut sebagai foot wall dan blok yg ada di bagian atas patahan/sesar disebut sebagai hanging wall…pada sesar turun, bagian hanging wall akan bergerak relatif turun terhadap foot wall-nya…mudah bukan pengertian-nya…?

patahan/sesar ini bisa di-bayang-in sebagai satu bidang miring imaginer yg me-misah-kan dua blok lapisan batuan…fault scarp adalah bidang miring imaginer tadi atau dalam kenyataan-nya adalah permukaan dr bidang sesar…sebagai acuan pada gambar di samping: lapisan batuan dgn warna lebih merah pada bagian hanging wall berada pada posisi yg lebih bawah (lebih dalam) drpd lapisan yg sama pada foot wall…offset ini ini menandakan bagian hanging wall udah bergerak relatif turun terhadap foot wall-nya…
Sumber .:: http://comunitycivil.blogspot.com/2009_02_01_archive.html :: http://community.um.ac.id/showthread.php?53019-Apa-itu-fault-patahan-sesar ::.
LENGKAPI LAGI INI MASIH KURANG....


1 komentar: